Manfaat Kacang Kedelai – Si Kecil Dengan Berjuta Khasiat

Thursday, October 1st, 2015 - Kacang Kedelai
Advertisement

Manfaat kacang kedelai bagi kesehatan tentu tak diragukan lagi. Jenis kacang-kacangan yang satu ini memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kacang kedelai juga sudah sangat familiar bagi masyarakat kita bahkan di seluruh dunia. Kita tentu sudah sangat mengenal berbagai olahannya. Tempe, tahu, kecap, susu merupakan beberapa hasil olahan kacang kedelai yang kita kenal bahkan menemani menu makanan sehari-hari. Selain diolah menjadi berbagai macam olahan, cukup dengan merebusnya kita juga sudah bisa merasakan kelezatan beserta manfaatnya. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa sejak zaman dahulu kala, kacang kedelai memang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan. Terbukti, kebanyakan masyarakat Asia Timur seperti Jepang dan Cina tidak rentan terkena berbagai macam penyakit seperti jantung, osteoporosis, bahkan kanker karena mereka gemar mengonsumsi kacang kedelai.

manfaat kacang kedelai

Berbagai macam kandungan bermanfaat dalam kacang kedelai memang terbukti sangat membantu. Selain mencegah berbagai macam penyakit, juga dapat menjaga kebugaran tubuh, kecerdasan otak bayi, dan lain sebagainya. Misalnya saja kandungan protein yang terdapat dalam kacang kedelai sangat penting untuk pembentukan sel. Selain itu, kacang kedelai juga memiliki kandungan lechitin, serat, kalsium, isoflavon, antioksidan, dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Dengan melihat kandungan yang terdapat di dalamnya, tak heran jika manfaat kacang kedelai begitu terkenal, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan.

Manfaat Kacang Kedelai Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil harus mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang mencukupi agar kesehatan janin yang dikandungnya serta ibu hamil itu sendiri tetap terjaga. Salah satu asupan gizi tersebut dapat diperoleh dari kacang kedelai dan berbagai olahannya. Dengan rutin mengonsumsinya, diharapkan manfaat kacang kedelai juga akan semakin terlihat hasilnya. Sebagai contoh, kandungan protein dalam kacang kedelai sangat membantu untuk perkembangan janin. Kandungan asam folatnya juga sangat berguna untuk kecerdasan otak bayi dan mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat mental. Kandungan kalsium dan mineralnya juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi sehingga ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai agar pertumbuhan tulang dan gigi janin berkembang dengan baik. Namun, sebaiknya konsultasikan selalu dengan dokter kandungan sehingga ibu hamil dan janin mendapat asupan gizi dan nutrisi dari kacang kedelai yang sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan

Dengan berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam kacang kedelai, memang tak disangsikan lagi bahwa makanan ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, sering disebutkan bahwa olahan kedelai seperti tempe merupakan pengganti daging bagi kaum vegetarian. Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan di antaranya adalah sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Selain itu, kacang kedelai dapat mencegah osteoporosis karena mengandung isoflavon juga protein dan kalsium. Serat dalam kacang kedelai juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan nutrisinya dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, maupun diabetes. Terbukti pada masyarakat Jepang yang jarang ditemukan kasus penderita kanker. Hal tersebut ternyata dikarenakan kebiasaan mereka yang rutin mengonsumsi kacang kedelai yang mengandung isoflavon dan antioksidan yang dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker. Manfaat kacang kedelai lainnya adalah dapat membantu mengobati anemia serta menurunkan kolesterol. Susu kedelai juga dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi, bagi Anda yang alergi susu sapi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kacang kedelai memberikan solusi untuk menjaga kesehatan bagi kaum vegetarian.

Manfaat Kacang Kedelai Rebus

Selain dibuat untuk berbagai macam olahan, kacang kedelai juga bisa dijadikan camilan enak dan menyehatkan. Jika Anda bosan dengan menu tempe maupun tahu, cobalah untuk merebus kacang kedelai untuk dijadikan camilan sehat bagi kita. Misalnya saja sebagai camilan bagi penderita diabetes. Dengan demikian, maka berbagai manfaat kacang kedelai tetap bisa masuk dalam tubuh dan membantu menjaga tubuh kita dengan mengonsumsi camilan sehat kacang kedelai rebus. Saat direbus, kedelai masih mengandung nutrisi yang sama seperti bahan olahan kedelai lainnya. Makanan ini dapat dijadikan sebagai alternatif saat kita bosan mengonsumsi olahan kedelai lainnya. Bahkan kandungannya yang masih alami karena belum tercampur dengan bahan tambahan lain dapat dipastikan aman dan menyehatkan. Mengonsumsi kacang kedelai secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Kacang Kedelai Hitam

Kacang kedelai hitam kita kenal sebagai bahan baku dalam pembuatan kecap. Hampir semua jenis kedelai baik untuk tubuh kita, tak terkecuali dengan kedelai hitam. Sama seperti kacang kedelai pada umumnya, jenisnya yang berwarna hitam juga memiliki manfaat kacang kedelai seperti melancarkan pencernaan, mencegah penyakit jantung, sebagai penurun kadar kolesterol, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kedelai hitam ternyata juga mengandung antosianin, yaitu sejenis senyawa antioksidan yang berguna untuk membantu memperbaiki fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Dengan berbagai macam manfaat kacang kedelai seperti yang telah disebutkan di atas, tentu kita harus merasa beruntung karena dapat dengan mudah mendapatkan berbagai olahan dari kacang tersebut. Selain itu, tanaman ini juga dengan mudah kita temukan. Bahkan, para peneliti juga yakin, masih banyak manfaat lain yang belum diketahui, sehingga masih terus dilakukan penelitian untuk mengetahui manfaat lain yang tersembunyi dalam kacang kedelai, yang nantinya dapat disebarkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Namun ada hal yang sangat disayangkan. Yaitu, pandangan masyarakat kita yang menganggap bahwa kacang kedelai terutama tempe dan tahu merupakan makanan kelas bawah. Sebuah pandangan yang harus diluruskan. Mungkin, karena kacang kedelai yang melimpah dan banyak produksi tempe dan tahu rumahan, sehingga nilai jualnya menjadi rendah. Namun dibalik itu semua, ternyata banyak manfaat kacang kedelai yang harus kita ketahui, seperti contohnya yang telah diuraikan di atas. Ini bertujuan untuk membuka mata masyarakat bahwa hal yang dianggap remeh ternyata memiliki segudang manfaat yang tidak bisa dianggap remeh.

Manfaat kacang kedelai yang telah diuraikan di atas juga diharapkan dapat membantu memperluas pandangan masyarakat tentang olahannya seperti tempe dan tahu yang sering dipandang sebelah mata. Maka dari itu, dengan segudang manfaat yang ada, kita sudah seharusnya untuk tidak ragu lagi mengonsumsi makanan ini. Bahkan inovasi kuliner mengenai kedelai pun kini kian beragam. Sehingga kita tidak merasa bosan dengan makanan olahan yang itu-itu saja. Dengan banyak pilihan olahan dan menu, maka kita tentu lebih bersemangat untuk mengonsumsinya. Dengan demikian, pandangan masyarakat mengenai olahan kedelai yang terkesan sebagai makanan kelas bawah akan terhapuskan. Jangan malu untuk selalu mengonsumsi olahan dari kedelai karena kita akan merasakan manfaat yang begitu besar yang tidak kita duga sebelumnya. Namun, perlu juga diperhatikan, konsumsilah secukupnya dan jangan pula berlebihan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:

Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet

Manfaat Air Kacang Hijau Untuk Kesuburan

Manfaat Kacang Hijau Untuk Pembentukan Otot

Advertisement
Manfaat Kacang Hijau Untuk Pembentukan Otot | Admin | 4.5
error: Content is protected !!